Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkot Buka Lowongan Pekerjaan Khusus Ber-KTP Surabaya, Pendaftaran Lewat RT

Editor : Andi Dara | 20:50 WIB

Dok.newspantau/istimewa.
Kiri: walikota Surabaya dan wakil walikota, Eri Cahyadi, ST, MT, dan Ir. Armuji saat buka lowongan pekerjaan di Pemkot Surabaya, Rabu (17/3/2021).
--------------------------------------------

News-Pantau.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya akan memberi kesempatan kepada seluruh warganya agar bisa bekerja.

Semua warga yang masih produktif *berusia di bawah 50 tahun* dan memiliki skill akan ditempatkan sebagai tenaga kerja sesuai keahlian mereka.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menuturkan pola rekrutmen melalui RT setempat.

Asal ber-KTP Surabaya punya kesempatan yang sama untuk dipekerjakan.

"Tentu melalui seleksi ketat dan terbuka.

Bisa sebagai bekerja di lingkungan Pemkot dan bisa di perusahaan di Surabaya sesuai bidang keahliannya," katanya usai kunjungan di sejumlah UMKM Surabaya.

Pendaftaran akan dilayani melalui RT setempat.

Mereka yang punya skill dan ijazah akan dikelompokkan.

Semua akan disesuaikan dengan keahlian dan ijazah peminat.

Cak Ji, sapaan akrab Armuji, menyebut pemkot akan berupaya semaksimal mungkin memberikan hak-hak warga mendapatkan pekerjaan. Apalagi dalam suasana pandemi begini.

"Pemkot akan melakukan apa yang mampu dilakukan.Jika memenuhi kualifikasi, Mereka bisa direkrut menjadi tenaga kontrak atau semacam outsourching di kantor Pemkot. Atau bisa di perusahaan di Surabaya," lanjut Cak Ji.

Prioritas MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah

Semua werga ber-KTP Surabaya yang masih produktif, berhak atas rekrutmen pekerjaan yang disediakan Pemkot Surabaya.

Bagi warga usia di bawah 50 tahun yang memiliki ijazah dan skill serta keahlian khusus bisa dipekerjakan oleh Pemkot Surabaya.

"Memang ini program Pemkot Surabaya untuk memfasilitasi warganya mendapatkan pekerjaan. Tapi tidak kemudian semua warga.

Diprioritaskan warga MBR (masyarakat berpenghasilan rendah)," kata Kabid Sosial dan Pemerintahan Bappeko Surabaya, Febri Kusumawati, yang dilangsir newspantau.com kamis (18/3/2021).

Duet Wali Kota Eri Cahyadi dan Wawali Armuji membuat terobosan dengan membuka rekrutmen pekerjaan melalui RT. Setiap warga berkesempatan memanfaatkan peluang tersebut.

RT yang merupakan kepanjangan tangan pemkot di tingkat paling bawah yang dinilai paling paham kondisi warganya.

"Memang sudah diprogramkan," tambah Febri.

Dipastikan akan banyak warga yang menyerbu RT masing-masing. Bahkan, diprediksi akan membeludak. Namun akan berlaku prioritas. Warga MBR dengan kualifikasi dan skill mumpuni akan mendapat prioritas.

Selain menyesuaikan bidang pekerjaan dan ketersedian pekerjaan. Bisa dipekerjakan sebagai tenaga kontrak di lingkungan kantor Pemkot Surabaya atau ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang ada di Surabaya. (Ali/Hsn/And).

Video ini menarik tuk disimak, Eri Cahyadi walikota Surabaya.

HUT JATIM KE -75