Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dugaan Penyalahgunaan APBDes, LSM ICW Resmi Laporkan Kepala Desa Sase'el Kecamatan Sapeken ke Polres Sumenep

Editor : Daeng Sultan | 13.00 wib
H.Daeng Muh. Sultan saat memberikan berkas laporan polres Sumenep, Senin (22/4/2024).
-----------------------------------------------------------------------
Sumenep, NewsPantau.com --  Perlu diketahui, Lembaga Swadaya Masyarakat Island Corruption Watch (LSM ICW) H. Daeng Muh. Sultan pria berdarah Bugis Karaeng kelahiran Desa Cellong/ Pajanangger, resmi melayangkan surat laporan ke Polres Sumenep, Soal dugaan Penggelapan Anggaran  Dana Desa dan mar-up anggaran, Desa Sase'el, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, senin (22/04/2024).

Daeng Sultan panggilan akrabnya menjelaskan ke media bahwa alasannya melaporkan kepala desa Sase'el sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Desa perlu dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.
H.Daeng Muh.Sultan.
Dan semua ini atas dasar keluhan masyarakat yang ikut serta mengawasi jalannya pemerintahan di Desa Sase'el tersebut dan diperkuat data APBDes tahun 2023 lalu kami kembangkan kebawah sesuai hasil investigasi dilapangan bersama tiem. 

"Saya sebagai Koordinator LSM ICW di Kepulauan Kangean merasa prihatin atas keluhan masyarakat Desa Sase'el itupun saya tidak serta merta langsung menanggapi apapun yang disampaikan oleh masyarakat, namun saya tampung dulu, lalu saya kembang kebawah kebenarannya, karena jika tidak benar akan menjadi fitnah yang sangat keji," ungkap H. Daeng Sultan.
Sebagai masyarakat kepulauan dirinya merasa terpanggil untuk melaporkan kasus ini ke Aparat Penegak Hukum, menurutnya data yang dimiliki mempunyai dasar hukum yang kuat. 

"Dari APBDes tahun 2023 ditambah keterangan dari masyarakat setempat, Dana Desa yang diduga digelapkan oleh Kepala Desa Sase'el Ratusan Juta, lain halnya pekerjaan fisik yang volumenya kurang dan belanja barang yang di mar-up, itu semua yang jadi dasar dan kasus ini akan saya kawal tanpa ada kata menyerah," tegasnya.
Masih kata H. Daeng Sultan, "Saya mewakili masyarakat kepulauan khususnya Desa Sase'el sangat mengharap dengan hormat kepada Polres Sumenep segera turun tangan mengusut tuntas dugaan kasus ini dan bertindak tegas kepada Kepala Desa yang menyelewengkan Dana Desa, sehingga menyebabkan pembangunan di Desa tidak berjalan maksimal," harapnya. *** @tiem

#penyalahgunaan APBDes
#kepala desa sase'el
#lsm ICW